Kebangkitan Besar

Kebangkitan Besar

Sunday, May 29, 2011

Iman Seorang Ibu

Pdt Agus Gunawan


Pada hari ibu ini mari kita melihat beberapa tokok wanita yang di catat Alkitab yang dapat kita jadikan panutan dalam kehidupan kita sehari-hari:

1. Yokebet (Keluaran 6:20 & Bilangan 26:59)
Dituliskan di dalam Alkitab bahwa Yokebet adalah istri dari Amran dan ibu dari Harun, Miriam dan Musa. Dia hidup dalam jaman perbudakan di Mesir. Firaun baru muncul dan takut akan jumlah bangsa Israel yang semakin banyak, ia menerapkan berbagai macam aturan dan cara untuk menekan bangsa Israel. Salah satunya adalah dengan memerintahkan semua bidan untuk membunuh bayi-bayi yang baru lahir. Yokebet tidak takut dan menyembunyikan Musa selama tiga bulan. Ia kemudian menaruh Musa di sungai dan ditemukan oleh putri Firaun yang mengambil anak. Putri Firaun kemudian meminta Yokebet untuk merawat Musa dan memberi dia uang. Musa dididik selama kurang lebih enam tahun sebelum ia tinggal di istana Firaun. Kita lihat bahwa iman Yokebet tidak saja menyelamatkan keluarganya, tetapi juga mendatangkan berkat.
Iman seorang ibu menentukan masa depan keluarganya. Selama enam tahun Yokebet mendidik, mengajar dan mendoakan Musa agar ia tahu bahwa Tuhan yang harus ia patuhi dan kasihi adalah Tuhan di atas segala tuhan. Doa Yokebet terus menyertai Musa, sehingga biarpun ia menerima pendidikan terbaik di Mesir ia tetap cinta dan takut akan Tuhan.

2. Eunike (2 Timotius 1:5)
Iman seorang ibu berpengaruh kepada anak-anaknya. Pemberian terbaik seorang ibu adalah iman yang ia miliki dan ajarkan kepada anak-anaknya. Iman Eunike membentuk dan menentukan iman Timotius.

3. Sarah
Iman seorang ibu mengandung dan melahirkan kekuatan dan kuasa yang ajaib. Karena iman Sarah melahirkan anak perjanjian, Ishak

No comments:

Post a Comment