Kebangkitan Besar

Kebangkitan Besar

Sunday, September 4, 2011

Kota Perlindungan



Pdt Yusak Hadisiswantoro

Kasih karunia Tuhan dinyatakan dalam bentuk perlindungan dan pembelaan Tuhan terhadap umatNya. Seperti Firman Tuhan yang tertulis dalam mazmur 103:6 disebutkan: “TUHAN menjalankan keadilan dan hukum bagi segala orang yang diperas”. Apabila kita membaca Mazmur 142:1-8 kita akan menemukan doa Daud ketika ia sedang mengalami tekanan. Jika kita membutuhkan pembelaan Tuhan, maka Tuhanlah yang akan menjadi tempat perlindungan bagi kita.

Ada solusi bagi orang yang ingin mendapatkan perlindungan.Tuhan menyediakan kota-kota perlindungan bagi umatNya. Tuhan memberikan ketetapan yang tertulis dalam Yosua 20:1-9. Siapa yang membunuh seseorang dengan tidak sengaja, dengan tidak ada niat lebih dahulu, dapat melarikan diri ke sana, sehingga kota-kota itu menjadi tempat perlindungan terhadap penuntut tebusan darah. Apabila ia melarikan diri ke salah satu kota tadi, maka haruslah ia tinggal berdiri di depan pintu gerbang kota dan memberitahukan perkaranya kepada para tua-tua kota. Mereka harus menerima dia dalam kota itu dan memberikan tempat kepadanya, dan ia akan diam pada mereka. Apabila penuntut tebusan darah itu mengejar dia, pembunuh itu tidak akan diserahkan mereka ke dalam tangannya, sebab ia telah membunuh sesamanya manusia dengan tidak ada niat lebih dahulu, dan dengan tidak menaruh benci kepadanya lebih dahulu. Ia harus tetap diam di kota itu sampai ia dihadapkan kepada rapat jemaah untuk diadili, sampai imam besar yang ada pada waktu itu mati. Maka barulah pembunuh itu boleh pulang ke kotanya dan ke rumahnya, ke kota dari mana ia melarikan diri.” Dan setiap orang yang membunuh seseorang dengan tidak sengaja dapat melarikan diri ke sana dan jangan mati dibunuh oleh tangan penuntut tebusan darah, sebelum ia dihadapkan kepada rapat jemaah.

Ada 6 kota perlindungan yang disebutkan dalam ayat 7-8. Kota tersebut pintu-pintu gerbangnya selalu terbuka. Kota perlindungan tersebut menggambarkan hubungan Tuhan bagi gereja Tuhan. Dalam kota perlindungan ada kemurahan dan keadilan. Kalau orang dinyatakan tidak bersalah maka ia boleh tinggal selamanya di kota tersebut, tetapi apabila salah maka ia akan dilepas untuk dihukum oleh penuntut darah.

Pada waktu di hadapan Allah, Dia tidak melihat kita yang bersalah tetapi melihat Yesus yang telah membenarkan kita, sehingga kita boleh tinggal di kota perlindungan untuk selama-lamanya ( 1 Yohanes 4:17 ). Yesuslah yang telah menjadi Pembela kita (Roma 8:34).

Enam kota perlindungan yang ditetapkan Allah tersebut adalah sebagai berikut:

1. KEDESH ( HOLY, RIGHTEOUS, SANCTIFIED )
Kedesh memiliki pengertian kudus, benar, disucikan. Kita sudah dikuduskan dan dibenarkan oleh Yesus. Kita dibenarkan karena anugerah dan kepercayaan kita kepada Yesus (Filipi 3:9). Dia menjadi Bapa kita, dan kita menjadi anak-anakNya laki-laki dan anak-anakNya perempuan (II Korintus 6:18).
Karena kita telah dibenarkan, marilah kita menyucikan diri kita dari semua pencemaran jasmani dan rohani, dan dengan demikian menyempurnakan kekudusan kita dalam takut akan Allah (II Korintus 7:1).

2. SIKHEM ( SHOULDER )
Shoulder (bahu) mengekspresikan kekuatan yang siap menanggung beban. It express the power and readiness to bear burdens. Seperti yang telah terulis dalam Yesaya 53:4, ”Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah.”

3. HEBRON ( FELLOWSHIP OF FRIENDS )
Yesus mau menjadi sahabat kita yang lebih karib dari pada saudara. Dosa telah memisahkan kita dari Allah. Jesus is the true of Hebron. Kita yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhi-Nya telah diperdamaikan oleh darah salib Kristus (Kolose 1:20-21).

4. BEZER ( STRONG )
Kita memiliki pembela yang kuat karena Yesus pembela kita yang sangat kuat. Apabila seseorang memiliki persoalan hukum, maka ia akan dibela oleh seorang lawyer atau pengacara. Kalau pembela kita lemah, maka kita akan kalah dan masuk bui. Akan tetapi banyak para pengacara hebat yang memiliki nama besar tetapi gagal membela orang yang dibelanya dan akhirnya mereka masuk penjara.
Allah menjadi perlindungan kita yang kuat (Yosua 20:8). Bahkan di Nahum 1:7 disebutkan bahwa TUHAN itu baik; Ia adalah tempat pengungsian pada waktu kesusahan; Ia mengenal orang-orang yang berlindung kepada-Nya.

5. RAMOT ( EXALTED )
Ramot punya pengertian ditinggikan, dimuliakan. Yesus ditinggikan di atas nama segala nama, maka kita pun pasti akan ditinggikan dan dimuliakan oleh Tuhan. Kita akan memerintah bersama-sama dengan Dia dalam Kerajaan Allah.

6. GOLAN ( JOY )
Ketika Yesus lahir malaikat membawa khabar sukacita. KelahiranNya membawa sukacita bagi seluruh umat manusia. Tuhan merancang gereja ini menjadi tempat perlindungan bagi kita. Dalam menghadapi hidup ini kita sering alami kesulitan, tantangan, dan masalah yang kadang bisa menyebabkan rasa tertekan dan luka. Gereja Tuhan menjadi tempat perlindungan bagi kita yang terluka dan alami aniaya.

Yesus adalah tempat perlindungan yang aman bagi kita. Jadikanlah Dia sebagai kota perlindungan kita.
* KEDESH : Yesus adalah kebenaran kita
* SIKHEM : Yesus adalah penanggung beban kita
* HEBRON : Yesus adalah sahabat kita
* BEZER : Yesus adalah pembela kita
* RAMOT : Yesus adalah kemuliaan kita
* GOLAN : Yesus adalah sukacita kita

Dalam Ibrani 6:18-20 disebutkan, ”…….supaya oleh dua kenyataan yang tidak berubah-ubah, tentang mana Allah tidak mungkin berdusta, kita yang mencari perlindungan, beroleh dorongan yang kuat untuk menjangkau pengharapan yang terletak di depan kita. Pengharapan itu adalah sauh yang kuat dan aman bagi jiwa kita, yang telah dilabuhkan sampai ke belakang tabir, di mana Yesus telah masuk sebagai Perintis bagi kita, ketika Ia, menurut peraturan Melkisedek, menjadi Imam Besar sampai selama-lamanya.”

Yesus telah menjadi imam besar bagi kita sehingga kita semua telah dibenarkan oleh korban Kristus dan boleh tinggal di kota perlindungan untuk selama-lamanya

No comments:

Post a Comment