Kebangkitan Besar

Kebangkitan Besar

Monday, April 4, 2011

12 Pelajaran Dari Bahtera Nuh

Pdt. Agus Gunawan
Bethany Church Sydney

Ayat bacaan Kejadian 6-7, Matius 24:37-39 dan Lukas 17:26-27

Kehidupan pada jaman sekarang bisa disamakan dengan kehidupan pada jaman Nuh yang penuh dengan aktivitas dan cara hidup yang tidak berkenan di mata Tuhan. Karena itu agar kita selamat kita harus memastikan bahwa kehidupan kita berkenan di mata Tuhan, sama seperti delapan orang di dalam bahtera Nuh yang diselamatkan Tuhan dari air bah. Untuk itu ada 12 hal yang bisa kita pelajari dari cerita tentang bahtera Nuh.

1. Don’t miss the boat (Kejadian 7:16)
Ketika pintu bahtera ditutup, tidak ada satu mahluk hidup yang bisa masuk. Jadi pastikan bahwa kita sudah menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat kita, jangan ketinggalan karena waktunya adalah sekarang.

2. One boat at the same boat (Yohanes 14:16)
Hanya ada satu jalan keselamatan dan itu adalah di dalam Yesus.

3. Have faith in God
Nuh belum pernah melihat hujan, tapi dia tetap percaya dengan membangun bahtera. Kita harus tetap memiliki iman dan percaya kepada Tuhan, walaupun kita belum melihat berkatnya.

4. Be patient (Pengkotbah 3:11)
Nuh membutuhkan kurang lebih 120 tahun untuk membangun bahteranya. Kita harus sabar dan percaya karena Tuhan akan menjadikan segala sesuatu indah pada waktunya.

5. Stay fit
Nuh dipanggil Tuhan pada usia 480 tahun. Kita harus tetap menjaga kesehatan kita karena kita tidak tahu kapan Tuhan memanggil kita untuk melakukan pekerjaanNya. Dalam Tuhan tidak ada kata terlambat untuk melakukan pekerjaan besar.

6. Don’t listen to critics
Nuh tetap membangun bahtera meskipun dicemooh oleh sekitarnya. Jangan dengarkan kritik yang negatif.

7. Built your future on higher ground
Nuh membangun bahtera di tempat tinggi dan kering atas perintah Tuhan. Kita harus membangun kehidupan rohani kita di tempat yang sama, yaitu dalam Tuhan.

8. For safety travel in pairs (Kejadian 6:19-20)
Nuh membawa istri dan ketiga anaknya dengan istri mereka, demikian juga binatang sepasang demi sepasang. Untuk menjaga kehidupan rohani, kita perlu memiliki pasangan (istris/suami/teman rohani).

9. Ask for wisdom
Yang penting dalam hidup bukan kemampuan kita, tetapi hikmat dari Tuhan.

10. When you are stress float a while (Kejadian 6:14)
Nuh memakai kayu gofir untukmembuat bahtera karena hanya di temukan di tempat tinggi dan bisa mengapung. Karena itu ketika persoalan datang, kita perlu mengapung bersama Tuhan.

11. Ark was built by amateur, Titanic by professionals
Nuh bukanlah tukang kayu atau pembuat kapal, tetapi Tuhan memakainya untuk membangun bahtera. Karena itu Tuhan juga bisa memakai kita untuk melakukan pekerjaanNya yang luar biasa.

12. No matter the storm, when you are with God there is always rainbow waiting
Nuh tidak tahu kapan hujan dan air bah akan berakhir, dia hanya tahu dan percaya bahwa pelangi Tuhan sudah menunggu. Dalam menghadapi persoalan kita percaya bahwa jawaban Tuhan sudah menunggu.

Tuhan memberkati.

No comments:

Post a Comment