Kebangkitan Besar

Kebangkitan Besar

Saturday, April 16, 2011

Pengurapan Roh Kudus

Pdt Agus Gunawan


Ayat bacaan Yohanes 16:8b-9

Tuhan mengadakan perjanjian dengan umat-Nya dengan air yang menandakan baptisan, dengan darah yang menandakan pengorbanan Kristus di kayu salib dan dengan minyak yang menandakan pengurapan.

Roh Kudus juga dilambangkan dengan minyak. Dalam Matius 23:5 dituliskan Daud yang setelah mendapat pengurapan langsung disertai oleh Roh Kudus.

Musa adalah seorang penakut yang kemudian mendapat pengurapan melalui pertemuannya dengan Tuhan sebagao semak yang terbakar. Musa kemudian menjadi mampu dan dimampukan. Yesus sekalipun juga diurapi.

Dalam Keluaran 30:23-24 dituliskan bahan-bahan untuk membuat minyak urapan. Mur yang biasanya dipakai untuk mayat melambangkan kedagingan kita mati. Kayu manis melambangkan tekat untuk hidup yang manis bagi Tuhan. Tebu yang melambangkan walaupun dalam kesesakan tetap percaya kuasa Tuhan. Kayu teja yang hanya tumbuh di tempat tinggi melambangkan doa.

Selain menyembuhkan minyak urapan juga dapat melenyapkan beban dan kuk (Yesaya 10:27), mendatangkan sukacita (Ibrani 10:9) dan memeteraikan jaminan (1 Korintus 1:21).

Tuhan memberkati

No comments:

Post a Comment