Kebangkitan Besar

Kebangkitan Besar

Saturday, April 16, 2011

Kecantikan Ribka

Pdt Agus Gunawan

Ayat bacaan Kejadian 24:15-25

Ayat bacaan di atas menceritakan tentang perjodohan antara Ishak dan Ribka. Abrahan dan Ishak melambangkan Tritunggal. Abraham adalah orang terkaya pada jaman itu dan Ishak merupakan anak perjanjian. Ishak lahir dari Abraham dan Sarah yang sudah lanjut usia dan namanya sudah ditentukan sebelum kelahirannya.

Kisah ini sama dengan Yesus yang lahir karena mujizat melalui Maria. Ketika Ishak memikul kayu sebelum dikorbankan, Yesus juga memikul kayu salib. Ishak menempuh perjalanan tiga hari, Yesus mati tiga hari. Ishak turun dari bukit dalam keadaan hidup, Yesus bangkit dari kematian. Sedang gambaran dari Roh Kudus adalah Eliezer yang mencari mempelai perempuan bagi Ishak, sama seperti Roh Kudus yang juga mencari mempelai wanita untuk Tuhan.

Ketika Abraham memerintahkan Eliezer untuk mencari mempelai wanita untuk Ishak, Abraham memerintahkan untuk mencari wanita dari antara keluarganya. Ribka memiliki kecantikan dari dalam, yaitu kecantikan hati dan karakternya.

Ada empat rahasia kecantikan Ribka:

1. Selalu melakukan lebih dari yang diperlukan (Kejadian 24:17-25)
Ayat bacaan ini menceritakan Ribka yang bukan hanya memberi minum Eliezer, tetapi juga unta-untanya. Dan Eliezer ketika itu hanya meminta minum untuk dirinya sendiri. Tuhan mau agar kita memiliki hati yang seperti Ribka yaitu hati yang mau melakukan lebih dari apa yang diminta atau dibutuhkan.

2. Hati yang bersedia dengan sikap yang baik (Kejadian 24:19)
Kekuatan dan kuasa akan mengikuti mereka yang bersedia. Pada saat Ribka berkata “I will” untuk membantu Eliezer, pada saat itulah kekuatan dari Tuhan turun atas dia sehingga Ribka kuat untuk berkali-kali berjalan turun naik sumur dan menimba air untuk memberi minum unta-unta Eliezer. Tanda dari orang yang memiliki hati yang melayani adalah dengan melakukan apa yang diminta dengan cepat dan tidak menunda-nunda.

3. Tidak pernah nyaman (Kejadian 24:11)
Ribka ketika itu keluar mengambil air pada waktu malam dan berarti ia keluar mengenakan gaun yang baik. Dan ketika ia turun naik sumur menimba air gaun akan memberikan ketidak nyamanan baginya. Tapi Ribka tetap melakukannya dengan suka cita.

4. Selalu melayani dengan motivasi yang murni dan hati yang mengasihi
Ribka tidak tahu bahwa dengan menolong Eliezer, ia akan menikah dengan anak perjanjian. Ketika kita menolong orang yang tidak kita kenal, kita mungkin menolong malaikat yang akan membukakan pintu-pintu berkat bagi kita.

Ribka dipilih karena ia memiliki karakter hamba yang melayani. Bagaimana kita melayani akan menentukan jalan kehidupan kita.

Tuhan memberkati.

No comments:

Post a Comment