Kebangkitan Besar

Kebangkitan Besar

Saturday, April 30, 2011

Yesus, Penggenapan Janji Allah

Pdt. KAM Jusufroni
Graha Bethany Nginden

Ayat Bacaan: Yohanes 19-16-30
Doktrin yang terpenting dari kekristenan berawal dari peristiwa kebangkitan, dan inilah juga awal dari berdirinya gereja. Kebangkitan Yesus itu merupakan peristiwa yang nyata bagi setiap kita.


Dari ayat bacaan ada beberapa point bagi kita

1.Yohanes 19:17 - menjelaskan bahwa sebenarnya bukit tengkorak merupakan tempat hukuman bagi orang romawi. Dan disana juga tempat hukuman bagi orang yang jahat. Namun bagi orang Yahudi golgota disebut sebagai bukit tengkorak karena disana ditemukan tulang-tulang Adam. Dimana saat Yesus ada disana Ia disebut sebagai Adam ke 2 karena Adam yang pertama tidak dapat menggenapi akan rencana Allah.

2.Yohanes 19:20 - Menurut adat orang romawi, bahwa mereka yang akan dihukum dengan cara disalib, disana akan tertulis kesalahan yang dibuat. Dan ketika Yesus disalib maka dituliskan bahwa Ia adalah raja orang Yahudi. Namun apa yang tertulis benar-benar membuktikan bahwa Yesus adalah Raja segala Raja. Dari peristiwa ini Pilatus dipakai oleh Tuhan, Ia dapat memakai siapapun untuk menjadi alatNya. Dan jika Tuhan memakai kita maka kita pun juga harus dapat menggenapi akan rencanaNya.

3.Yohanes 19:23-24 - Segala Peristiwa yang dilakukan Yesus merupakan penggenapan dari janji Tuhan.Sehingga saat memiliki Yesus berarti kita juga mempunyai kesempurnaan.

4.Yohanes 19:25-27 - Menurut adat Yahudi bahwa anak laki-laki memegang tanggung jawab namun saat Yesus disalib, Ia menitipkan ibuNya kepada murid-muridNya.

5.Yohanes 19:28 -tertuliskan yaitu ketika Yesus disalib Ia haus dan ini merupakan penggenapan dari Mazmur 69:22 bahwa saat Yesus haus maka Ia diberi minum anggur asam.

6.Yohanes 19:29 - Saat Yesus diberi Minuman anggur asam pada sebatang Hisop menunjukkan bahwa segala kesakitan yang kita rasakan telah ditanggung oleh Yesus.

7.Yohanes 19:30 - Ketika Yesus akan mati, Ia mengatakan, ”Sudah selesai,” dalam bahasa Yunani berarti tetelestai yang artinya juga sudah genap. Berarti di dalam Yesus ada penyempurnaan. Hanya Yesuslah sang Juruselamat sebab Dialah yang menggenapkan akan rencana Bapa

No comments:

Post a Comment