Kebangkitan Besar

Kebangkitan Besar

Saturday, April 23, 2011

Menggagalkan Siasat Iblis

Pdt Agus Gunawan


Daniel 1:1-7

Saat ini kita sedang hidup di akhir jaman, dan iblis juga tahu akan hal ini. Kita boleh percaya bahwa kita adalah generasi yang akan melihat kedatangan Tuhan yang kedua kalinya karena tanda-tanda akhir jaman yang sudah terjadi.

Dalam ayat bacaan di atas diceritakan tentang Daniel dan ketiga temannya. Mereka diperkirakan berusia sekitar 15 tahun ketika diambil dari tanah kelahiran mereka untuk dibawa ke Babel. Babel dimana Daniel tinggal sampai meninggalnya diartikan sebagai iblis. Dalam ayat 3 dituliskan raja Nebukadnesar yang memerintahkan orang-orangnya untuk mencari keturunan raja dan bangsawan untuk dijadikan bawahannya. Kita adalah jug keturunan raja sehingga kita juga menjadi target sasaran iblis. Tetapi dengan perlindungan Tuhan iblis tidak bisa langsung menyerang kita.


Ada empat siasat yang digunakan iblis yang kita harus tahu:

1. Mengubah bahasa kita (ayat 4)
Dalam ayat 4 dituliskan bahwa raja ingin mengajarkan Daniel dan teman-temanya bahasa orang Kasdim. Iblis tidak ingin kita memakai bahasa Tuhan, ia ingin kita memakai bahasanya. Bahasa amarah, makian, gerutu dan sejenisnya. Jangan terpengaruh karena apapun yang terjadi terus ucapkan bahasa Tuhan dan bertekun dalam Dia. Mari kekang mulut kita.

2. Mengubah diet kita (ayat 5)
Dalam ayat 5 dituliskan raja juga mau Daniel dan teman-temannya untuk makan makanan raja. Tetapi Daniel dan teman-temannya menolak karena itu berarti pertama mereka melanggar hukum taurat, kedua karena makanan tersebut sudah di doakan untuk berhala dan yang ketiga karena berarti mereka mengubah budaya mereka. Jaga makanan kita yang adalah firman Tuhan. Berhati-hati dengan makanan lain yang kita makan karena itu akan menghilangkan kesukaan kita akan makanan firman. Firman adalah makanan yang membuat kita kuat dalam menghadapi segala cobaan.

3. Mengubah nama kita (ayat 6)
Dalam ayat 6 dituliskan raja mengubah nama Daniel dan ketiga temannya. Nama mereka yang memilika arti baik mau diubah untuk memiliki arti yang jelek. Dengan mengubah nama iblis ingin mengubah jati diri kita yang adalah anak-anak Tuhan.

4. Mengubah lokasi kita
Iblis sudah memindahkan Daniel dan teman-temannya dari tanah kelahiran mereka ke Babel. Iblis akan selalu ingin untuk memindahkan lokasi kita agar kita jauh dari Tuhan. Jangan terpengaruh karena kita harus tetap mengejar hadirat Tuhan.

Mari kita berkata dengan iman bahwa kita tidak akan terpengaruh dan mengubah semua di atas. Amin.

Tuhan Yesus memberkati

No comments:

Post a Comment