Kebangkitan Besar

Kebangkitan Besar

Saturday, April 16, 2011

Hidup Karena Iman

Pdt. Agus Gunawan


Ayat bacaan 2 Korintus 5:7

Ada tiga hal yang akan kita pelajari tentang hidup bersama Bapa:

1. Hidup bukan karena melihat
Banyak dari kita yang hidup dengan dipengaruhi oleh mata kita yang melihat apa yang terjadi di sekitar kita. Jika mata kita melihat hal yang buruk atau sukar, maka ini yang akan mempengaruhi iman/pengharapan/suka cita/damai sejahtera kita.
Thomas adalah contoh tokoh di Alkitab yang hidup dari melihat. Thomas tidak percaya bahwa Yesus sudah bangkit dari kematian sebelum ia menusukkan jari tangannya ke luka-luka yang dialami Yesus. Iman kita tidak boleh dipengaruhi oleh mata jasmani kita. Jangan sandarkan suka cita dan pengharapan kita kepada apa yang kita lihat sehari-hari.

2. Hidup karena percaya
Kita harus hidup karena percaya akan Yesus. Dalam Amsal 3:5 dituliskan agar kita percaya kepada Tuhan dengan segenap hati. Rut adalah contoh di Alkitab yang hidup karena percaya. Ketika suami dan mertua laki-lakinya meninggal, Rut tidak meninggalkan mertua perempuannya sendirian melainkan Rut ikut bersama mertua perempuannya kembali ke Israel. Rut hanya percaya bahwa kehidupannya akan lebih baik. Rut tetap percaya dan akhirnya ia diperistri oleh Boas.

3. Hidup karena firman Tuhan
Kita dapat hidup dan dikuatkan karena mendengar firman Tuhan. Biasakanlah setiap kali setelah kita mendengar firman Tuhan untuk membalasnya dengan ucapan “Amin” yang artinya “Ya, aku percaya” atau dalam bahasa Inggrisnya “so be it unto me”.


Dalam 1 Petrus 3:10 diajarkan syarat untuk kita mendapatkan hari-hari baik yaitu dengan menjaga lidah kita dari perkataan jahat. Perkataan tidak percaya kepada Tuhan dan sikap yang menggerutu. Ketika Yosua memimpin umat Israel untuk menyerang Yeriko, Tuhan member tahu Yosua untuk memerintahkan umat Israel untuk tidak mengeluarkan sepatah katapun. Ini dilakukan agar kejadian 40 tahun sebelumnya tidak terulang, ketika umat Israel menggerutu ketika mengetahui bahwa tanah yang dijanjikan Tuhan didiami oleh orang-orang raksasa.

Kalau kita mencintai Tuhan dengan segenap hati, maka perkara-perkara yang tidak pernah kita lihat itulah yang Tuhan sediakan bagi kita. Mari kita hidup bukan karena melihat, tetapi karena kita percaya dan beriman kepada Bapa.

“Be still and know I’m God”.

Tuhan Yesus memberkati.

No comments:

Post a Comment