Kebangkitan Besar

Kebangkitan Besar

Sunday, April 3, 2011

Gehasi & Ketiga Keturunannya

Pdt Agus Gunawan
Bethany Church Sydney

Ayat bacaan : 2 Raja-raja 7:1-13

Dalam ayat bacaan di atas diceritakan tentang Gehasi dan ketiga keturunannya yang sedang mengalami kusta sehingga tidak boleh tinggal di dalam kota bersama bangsa Israel. Keempat orang ini melambangkan orang yang mengalami kegagalan dan menanggung akibat dari dosa yang dilakukannya. Akan tetapi melalui ayat bacaan di atas, Tuhan juga ingin menegaskan kepada kita bahwa di dalam Dia masih ada keselamatan. Ada tiga hal yang dapat kita pelajari:

1. Selalu ada kesempatan
Yesus adalah gembala kita yang baik. Dia memanggil kita dengan nama kita. Dia mencari domba yang hilang sampai ditemukan. Jangan kita pernah menyerah, tetapi ikuti contoh keempat orang kusta. Mereka tidak duduk-duduk menunggu kematian, tetapi melangkah melakukan sesuatu dan pada akhirnya mereka disembuhkan.

2. Ambil langkah iman
Mari kita maju melangkah meskipun itu sepertinya tidak masuk di akal. Ketika kita mengambil langkah maju dengan iman maka Tuhan akan menyertai kita karena Dia tidak akan meninggalkan kita. Keempat orang kusta yang lemah itu mau melangkah dengan iman untuk menuju perkemahan orang Aram. Tuhan menyertai mereka dan membuat semua orang Aram melarikan diri meninggalkan seluruh harta benda mereka.

3. Membagi dengan orang lain
Gehasi dan ketiga keturunannya mendapat jarahan dari orang Aram berupa makanan dan segala macam harta benda. Tetapi mereka mengambil keputusan untuk memberitahu orang Israel dan membagi dengan mereka. Ketika kita memikirkan dan mempedulikan orang lain, Tuhan sendiri yang akan memulihkan kita. Iman tanpa perbuatan adalah mati.

Tuhan Yesus memberkati.

No comments:

Post a Comment