Kebangkitan Besar

Kebangkitan Besar

Saturday, April 30, 2011

Keselamatan Tidak Pernah Gagal

Pdt. KAM Jusufroni
Graha Bethany Nginden

"Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara.Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya.
(Roma 8:28-30)

Pada dasarnya bahwa penyelamatan itu tidak pernah gagal, dan hal ini dapat dilihat dari Yohanes 3:16 yang mengatakan ”karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini hingga Ia menyerahkan anakNya yang tunggal sehingga barangsiapa yang percaya kepadaNya tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal.”

Dengan demikian kita mengetahui bahwa tidak ada manusia yang mencari Tuhan tetapi Tuhanlah yang mencari manusia. Dan ketika kita mencari Tuhan itu bukanlah karena keinginan kita saja, namun merupakan peranan Tuhan yang menggerakkan hati kita untuk mencari Tuhan. Sehingga keselamatan Allah dalam diri kita tidak pernah gagal. Dan saat ini kita akan mempelajari Konsep pemilihan Keselamatan Paulus, yaitu sebagai berikut :

Roma 8:28 B dikatakan yaitu “bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.” Kata terpanggil berasal dari kata Yunani kletois berarti ada kekuatan yang memanggil. Berbeda dengan ekletoi yang artinya setelah memanggil maka ada respon dalam menjawab panggilan itu sehingga disebut ekletoi-à Poin ini menjadi jelas bahwa rencana penyelamatan Tuhan tidak pernah digagalkan.

Roma 8:29 A ”sebab semua orang yang dipilihnya dari semula.” Kata dari semula disini berasal dari kata progneo yang berarti diketahui atau dikenal sebelumnya yaitu mereka yang dipanggilnya (Kletois). Hargailah hubungan dengan Tuhan dimana kita sebagai umat pilihan Allah memiliki hak istimewa. Dengan demikian di dalamnya .kita memiliki keberanian ketika kita meminta kepada Bapa.

Roma 8:29 B tertulis “mereka juga ditentukannya dari semula” menunjukkan bahwa ini adalah kedaulatan Tuhan. Kita harus selalu ingat bahwa keselamatan yang kita miliki itu hanya karena anugerahNya saja. Sehingga kita tidak boleh menganggap bahwa diri kita lebih rohani daripada orang lain. Sebab keselamatan merupakan anugerah Tuhan saja.

Roma 8:29 B ,dikatakan “ditentukan untuk menjadi serupa dengan gambaran anakNya.” Kata ditentukan disini berarti ditetapkan, ditentukan, diputuskan sebelumnya .

Kata serupa artinya memiliki bentuk natur, bentuk atau laku yang sama khususnya supaya kita serupa dengan anakNya. Dengan demikian kita sangat istimewa di hadapan Allah. Apapun yang terjadi jangan takut sebab kita ini istimewa di hadapan Tuhan. Kita memang tidak pernah dapat membatasi akan ucapan orang lain terhadap diri kita. Namun kita dapat membatasi untuk menyimpan masuk dalam hati akan ucapan orang lain terhadap kita. Kita dapat membatasi ketika hidup kita penuh dengan Firman Tuhan. Sebab itu jangan pernah memasukkan kata-kata yang tidak baik yang diucapkan orang lain kepada kita.
Roma 8:30, -à mereka yang di tentukaNya dari semula mereka juga yang dipanggilNya, dibenarkanNya, dan akhirya dimuliakanNya


CIRI MEREKA YANG DIBENARKANNYA
(Roma 5:1), saat kita punya iman. Cara kita dibenarkan menurut Roma 5:9 dikatakan, ”Lebih-lebih, karena kita sekarang telah dibenarkan oleh darah-Nya, kita pasti akan diselamatkan dari murka Allah.” Sehingga kita diselamatkan sebab kita dibenarkan karena iman (Roma 5:1),
Roma 1:17à bertolak dari iman, memimpin kepada iman. Bertolak dari iman artinya iman yang kita miliki merupakan anugerah dari Allah. Memimpin kepada iman kita sedang menjalani iman tersebut sehingga orang benar hidup karena iman.

Amin.

No comments:

Post a Comment