Kebangkitan Besar

Kebangkitan Besar

Sunday, April 3, 2011

Teladan Yosua

Pdt Agus Gunawan
Bethany Church Sydney

Ayat bacaan Keluaran 33:11

Yosua adalah salah satu tokoh di Alkitab yang luar biasa karena Alkitab tidak pernah menuliskan kesalahan atau kelemahan Yosua. Dia juga adalah satu-satunya jenderal yang mengalahkan 33 kerajaan. Selain itu Yosua juga memiliki banyak kesamaan dengan Yesus.

Yosua memiliki arti nama yang sama dengan Yesus. Yosua memimpin bangsa Israel masuk ke tanah perjanjian, seperti Yesus yang memimpin umatnya masuk ke dalam kerajaan surga. Yosua mengajar bangsa Israel untuk percaya kepada firman, seperti Yesus yang juga mengajar untuk percaya kepada Bapa. Yosua dan Yesus adalah agen yang melaksanakan pengampunan dan penghakiman.

Ada tiga hal yang dapat kita pelajari dari Yosua:
1. Yosua cinta hadirat Tuhan Yosua selalu mengikuti Musa ketika bertemu dengan Tuhan dan ketika Musa keluar, Yosua tetap tinggal di kemah tabernakel. Setiap kali Musa selesai bertemu dengan Tuhan mukanya memancarkan cahaya kemuliaan akan tetapi cahaya ini akan pudar setelah beberapa saat. Seperti Daud yang ingin diam di rumah Tuhan seumur hidupnya demikian juga dengan Yosua yang selalu ingin tinggal di kemah tabernakel untuk dekat dengan tabut perjanjian.

2. Yosua memprioritaskan Tuhan
Ketika akan menyeberangi sungai untuk berperang, Yosua berhenti dahulu dan membangun mezbah untuk Tuhan dan membacakan taurat-Nya. Yosua menempatkan Tuhan di atas segala yang dia akan lakukan.

3. Yosua tidak pernah berhenti percaya Tuhan Yosua adalah salah satu mata-mata yang diutus oleh Musa untuk mengintai dan melihat tanah perjanjian. Dia sudah melihat betapa subur dan bagusnya tanah perjanjian itu. Akan tetapi Tuhan membawa bangsa Israel untuk hidup di padang gurun selama 40 tahun, dan dalam waktu itu Yosua tidak pernah berhenti percaya kepada Tuhan bahwa suatu saat ia dan bangsa Israel akan masuk, menduduki dan tinggal di tanah yang sudah dijanjikan Tuhan kepada mereka.

Tuhan Yesus memberkati

No comments:

Post a Comment