Kebangkitan Besar

Kebangkitan Besar

Saturday, April 16, 2011

Arti Paskah

Pdt Agus Gunawan

Orang dunia mengartikan Paskah dengan kelinci paskah (Easter Bunny) dan telur, akan tetapi kedua hal ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan makna Paskah yang sesungguhnya. Lalu apa makna dari Paskah yang sesungguhnya. Paskah adalah suka cita bagi orang yang percaya bahwa Tuhan sudah mengorbankan Anak-Nya untuk menebus dosa kita.

Ada tiga hal yang dapat kita pelajari sebagai arti dari Paskah:

1. Paskah adalah pengorbanan
Tuhan adalah Tuhan yang adil, akan tetapi Ia adalah juga Tuhan yang menuntut pengorbanan. Ini dapat kita baca dari pengalaman tokoh-tokoh di perjanjian lama seperti Adam, Nuh dan Abraham. Dan pada masa perjanjian baru, Tuhan yang Maha Kuasa mengorbankan Anak-Nya yang terkasih untuk menebus dosa kita. Dia sudah membuang dosa kita sejauh timur dari barat. Tuhan bisa saja memberikan kontribusi misalnya dengan memerintahkan salah satu malaikat untuk mati bagi manusia. Tetapi ini tidak dilakukan, karena Tuhan mau berkorban (mati) untuk kita. Dan karena kematian dan kemudian kebangkitan-Nya, kita yang sakit disembuhkan, yang lemah dikuatkan dan yang miskin diperkaya.

2. Sudah lunas dibayar (It is finish)
Dengan kematian-Nya di kayu salib dan kemudian bangkit pada hari yang ketiga, menandakan bahwa semua dosa kita sudah lunas dibayar.

3. Kuasa kebangkitan (Roma 10:9-10)
Ketika Yesus mati di kayu salib, terjadi kegelapan yang menyelimuti seluruh muka bumi. Akan tetapi kebangkitan-Nya pada hari yang ketiga memberikan cahaya yang menerangi dunia. Yesus sudah menang, maka kita juga akan menang bersama Dia. Ia adalah Tuhan yang sanggup membuat jalan keluar bagi semua kesulitan kita. Dan kalau Tuhan ada dipihak kita, siapakah yang dapat melawan kita.

Tuhan memberkati.

No comments:

Post a Comment