Kebangkitan Besar

Kebangkitan Besar

Sunday, April 24, 2011

Bagaimana Supaya Tuhan Selalu Hadir

Pdt.Hans Tandra

"Dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka".
(2Taw 7:14)


Ayat ini merupakan kehendak Tuhan yang disampaikan kepada Salomo bagi bangsa Israel, tetapi pesan ini juga buat kita, gereja-Nya. Ayat ini mengandung tiga janji Tuhan bagi gereja-Nya yang merendahkan diri, berdoa, mencari wajah Tuhan dan berbalik dari dosanya! Allah berjanji, Ia akan mendengar, mengampuni dan memulihkan! Ketiga janji ini akan menjadi bagian kita jika kita melakukan ke-empat hal diatas. Saudara yang terkasih, janganlah kita hanya mencari “Tangan Tuhan” tetapi carilah wajah-Nya, artinya jangan cari Tuhan kalo kita butuh….! Tetapi cari Dia karena kita mau mengenal pribadi-Nya. Kalau engkau berdoa, bukan cuma sekedar berdoa tetapi cari Dia sungguh-sungguh! Bukan mencari pertolongan-Nya tetapi hati Tuhan!


Sekarang bagaimana caranya supaya Tuhan hadir didalam hidup kita?

1.BERGAUL KARIB DENGAN TUHAN
“Tuhan bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia dan perjanjian-Nya diberitahukan-Nya kepada mereka.” Maz 25:14. Bergaul karib bukanlah mengerjakan pekerjaan Tuhan. Bergaul karib bukanlah hanya tahu tentang Yesus. Bergaul karib bukanlah mengenal Tuhan…! Contoh: pada waktu Yesus dielu-elukan oleh orang-orang Yerusalem….waktu itu orang-orang Farisi sedang melakukan ibadah dan apa yang terjadi…? Mereka marah-marah! Orang Farisi melakukan ibadah, rajin melakukan pekerjaan Allah…tetapi mereka tidak tahu bahwa Yesus yang lewat didepan mereka itu adalah Mesias!! Kegiatan rohani atau pelayanan tidak menjamin engkau bergaul karib dengan Allah!

2.LAPAR DAN HAUS
“Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan.” Mat 5:6. Lapar dan haus bukanlah datang kegereja, berdoa, membaca firman karena kewajiban. Lapar dan haus itu adalah jika tidak puas dengan keadaan sekarang. Kita selalu ingin lebih…lebih…dan lebih lagi kepada Tuhan. Saudara pasti tahu cerita wanita yang pendarahan selama 12 th. Dengan rasa “haus & lapar” ia berjuang untuk mendapatkan Yesus! Bartimeus, seorang yang buta sejak lahir….ia terus berseru-seru sampai Yesus mendengar. Saudara….carilah Tuhan sampai engkau mendapatkan-Nya.

3.TINGGALKAN DOSAMU
Tanpa kekudusan tidak seorangpun akan melihat Allah…! Waktu Yesaya mendapat panggilan Allah, ia berkata: “Celakalah aku! Aku binasa! Sebab aku ini seorang yang najis bibir…namun mataku telah melihat Sang Raja, yakni Tuhan semesta alam.” Yes 6:5. Yesaya begitu takut waktu ia melihat Tuhan…langsung dia merasa tidak layak. Janganlah kita menjadi kristen “mingguan”, maksudnya hari Minggu ikut Tuhan, tetapi hari Senin ikut “dunia”. Daud adalah orang yang meninggalkan dosanya (dosa berzinah) dan….yang terpenting, ia tidak kembali lagi. Daud meninggalkan dosanya dan tidak pernah kembali lagi.

4.MILKI HATI YANG REMUK DAN RENDAH HATI
“Aku bersemayam di tempat tinggi dan di tempat kudus tetapi juga bersama-sama orang yang remuk dan rendah hati…” Yes 57:15. Daud seumur hidupnya mencari Tuhan! Kita tahu bahwa Daud disebut sebagai orang yang dekat dihati Allah. Allah menemukan Daud, orang yang dekat dihati-Nya….luar biasa!
Apakah kuncinya? Kuncinya adalah Daud mempunyai hati yang remuk dan rendah hati. Hatinya tulus kepada Allah! Waktu Daud berbuat dosa dan ditegur oleh nabi Nathan…ia sebagai raja yang mempunyai otoritas dan hak untuk membela dirinya…..ia tidak melakukan itu semua, tetapi ia mengakui perbuatannya dan meminta ampun kepada Allah! Betapa Daud mempunyai hati yang rendah hati. Allah sangat mengasihi orang yang rendah hati…sebaliknya Allah membenci orang yang sombong! Rendah hati berarti berserah total! (baca Maz 126:5)

5.MAU MENANTI-NANTIKAN TUHAN
Apa yang Alkitab katakan untuk orang-orang yang menantikan Tuhan: “Tetapi orang-orang yang menantikan Tuhan mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.” Yes 40:31. Menanti adalah suatu pekerjaan yang tidak disukai banyak orang, tetapi justru didalam penantian kepada Allah ada kekuatan yang baru…..ada pembaharuan. Mengapa kita seringkali mengalami keletihan dan kebosanan didalam mengikut Tuhan? Satu jawabannya adalah karena kita tidak pernah menantikan Tuhan. Orang yang sibuk pelayanan sekalipun, belum tentu ada Tuhan didalam hidupnya! Justru jika keletihan dan kebosanan mulai datang….itulah saatnya engkau datang kepada Tuhan dan menantikan Dia sampai Allah sendiri hadir dalam hidupmu! Maka engkau akan berlari dan tidak menjadi lesu, engkau berjalan dan tidak menjadi lelah! Dia akan memulihkan kekuatan dan semangatmu…!! Haleluyah!

Saudaraku yang terkasih, itulah sebabnya betapa pentingnya kehadiran Allah didalam hidup setiap anak-anak Tuhan. Jangan sampai kita selalu berada di gereja, sibuk melayani Tuhan….tetapi sebetulnya Tuhan tidak hadir didalam diri kita. Sebagai ayat yang terakhir…ini adalah “no telepon” -nya Tuhan…. hotline 24 hours!! No telp-nya ini berlaku kapan saja dan dimana saja engkau memerlukannya maka engkau bisa menghubungi Tuhan. Nomornya adalah YEREMIA 33:3, “Berserulah kepada-Ku, maka Aku akan menjawab engkau? dan akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang besar dan tidak terpahami, yakni hal-hal yang tidak kauketahui.”

Demikianlah, jika saudara sedang dalam keadaan tertekan, susah atau stress. Kita perlu menelpon Tuhan supaya Tuhan hadir dalam hidupmu dan jangan lupa untuk melakukan kelima hal diatas, maka engkau tidak menjadi orang Kristen yang “naik-turun” tetapi menjadi orang Kristen “rajawali” yang kuat dan terbang tinggi mengatasi gunung-gunung persoalan.

Allah adalah sumber kekuatan kita! Amin

No comments:

Post a Comment